tanda awal kehamilan

Mengenal Tanda Awal Kehamilan Secara Mudah

Pada dasarnya, ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa dengan mudah untuk diperhatikan. Ada beberapa aspek dan poin penting yang harus Anda perhatikan di sini terkait tanda awal tersebut.

bagi Anda yang ingin tahu lebih detail, kami akan coba menjelaskan apa saja tanda-tandanya berikut ini.

1.  Terlambat Haid

Perlu Anda ketahui, bahwa salah satu tanda yang bisa membantu Anda untuk mengenali kehamilan yaitu terlambatnya haid. Tanda-tanda ini sangat umum sekali karena ketika haid terlambat, bisa saja tubuh sedang memproduksi hormon HCG untuk menjaga kehamilan.

Pada dasarnya, menstruasi akan berhenti di empat minggu sesudah terjadinya pembuahan. Akan tetapi, bahwa keterlambatan menstruasi ini bisa karena faktor hormonal.

2.  Adanya Perubahan pada Payudara

Selain keterlambatan menstruasi, ada juga tanda awal yang tidak kalah mudah untuk Anda kenali, yaitu adanya perubahan pada payudara. Payudara ibu hamil biasanya akan terasa lebih kencang, nyeri, dan juga sensitif.

Payudara juga merasa tidak nyaman. Selai itu, puting payudara juga cenderung menjadi lebih gelap, memerah dan juga menonjol.

3.  Adanya Flek Darah dan Kram Perut

Jika muncul flek darah beberapa hari setelah pembuahan, maka hal ini juga bisa dijadikan sebuah tanda adanya kehamilan. Hal ini terjadi karena sel telur yang dibuahi berkembang menjadi janin.

Tanda adanya flek ini biasanya muncul 6 hingga 12 hari sesudah pembuahan. Flek ini juga umumnya berwarna merah muda, coklat atau bisa juga menyerupai darah haid.

4.  Merasa Mual dan Kelelahan

Tanda umum yang sering terjadi dirasakan yaitu mual dan juga morning sickness. Mual juga bisa disertai dengan muntah dengan ataupun tidak. Biasanya mual ini biasanya terjadi di pagi hari.

Selain mual, ibu hamil juga umumnya mudah cepat lelah. Ibu hamil umumnya mudah mengantuk dan juga lelah.

5.  Perubahan Emosi

Mood swing atau perubahan emosi juga bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Perubahan suasana hati atau emosi bisa menjadi tanda-tanda umum kehamilan yang jarang diketahui.

Adanya perubahan hormon pada ibu hamil juga menjadi rentang marah karena suasana hatinya tidak stabil.

Demikian penjelasan seputar tanda awal kehamilan yang bisa Anda gunakan sebagai patokan. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi BLACKMORES I-Folic untuk perencanaan kehamilan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *