cara agar bayi pipis lancar

Panduan Bagi Orang Tua Baru: Berbagai Cara Agar Bayi Pipis Lancar

Melihat si kecil kesulitan buang air tentunya akan membuat orang tuanya menjadi khawatir. Dengan begitu ketahui cara agar bayi pipis lancar saat ini juga, sebelum hal ini akan merambat ke masalah kesehatan pada bayi. 

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mendukung si kecil dalam melakukan buang air secara lancar. Lebih lengkapnya, bisa Anda simak ulasannya di bawah ini:  

Tips Agar Bayi Bisa Pipis Lancar

Berikut ada beberapa cara agar bayi pipis lancar yang bisa Anda lakukan sekarang juga. 

  • Perhatikan Asupan Cairan Bayi

Pertama,  agar bayi bisa pipis lancar ini, bisa Anda mulai dengan memastikan kebutuhan asupan cairan pada bayinya sudah terpenuhi dengan baik. 

Selain bisa menjaga tubuh bayi dari bahaya dehidrasi, juga bisa membantu proses produksi urine yang lebih sehat. 

Jika bayi masih menyusui, berikan ASI secara teratur sesuai dengan kebutuhannya. Demikian juga bila bayi sudah mulai mengkonsumsi MPASI, pastikan mereka mendapatkan cairan yang cukup dari makanan tersebut. 

  • Ketahui Posisi Nyaman Bayi Ketika Mau Pipis

Bayi yang hendak mau pipis, biasanya akan melakukan tindakan khusus. Seperti diantaranya menunjukan mimik muka tertentu, menggigit bibirnya sendiri, dan lain sebagainya. 

Bila bayi sudah menunjukan tanda mau pipis, maka segera bawa ia ke kamar mandi, dengan memposisikan tubuhnya dalam kondisi ternyamannya, ketika mau buang air. 

Entah itu dalam keadaan jongkok ataupun berdiri, lakukan eksperimen agar si kecil mau buang air dengan lancar. 

  • Pemilihan Popok yang Tepat

Pemilihan popok yang tepat sejatinya juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara agar bayi bisa pipis dengan lancar. 

Hindari memilihkan popok yang terlalu ketat, karena selain bisa membuat tidak nyaman, juga akan menghambat proses produksi urin pada si kecil. 

Alangkah lebih baiknya, popok tersebut memiliki fitur bubble belt nya seperti yang ditawarkan oleh popok dari MAKUKU, agar bisa mendukung ruang geraknya menjadi lebih fleksibel dan juga nyaman. 

Setelah mengetahui berbagai cara agar bayi pipis lancar yang sudah dijelaskan diatas, tentunya Anda dapat membuat proses buang air si kecil menjadi lebih sehat dan nyaman. 

Semoga bermanfaat!


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *