Inilah 4 Perbedaan Susu Full Cream dan UHT

Semua orang sadar bahwa susu adalah satu minuman sehat yang mengandung banyak nutrisi. Dua jenis susu yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah susu full cream dan UHT. Keduanya tampak mirip namun sebenarnya ada perbedaan mendasar dari proses pemanasan hingga rasanya. Yuk, cari tahu perbedaannya di sini!

Perbedaan Susu Full Cream dan UHT

Berikut ini adalah perbedaan antara full cream milk dan juga UHT:

1. Proses Pemanasan

Perbedaan utamanya ada pada proses pemanasan. Kepanjangan dari UHT yaitu Ultra High Temperature sehingga menggunakan suhu yang sangat tinggi dalam proses pemanasannya. Suhu yang digunakan mencapai 135-145 derajat celcius dalam waktu singkat.

Sementara full cream menggunakan suhu yang jauh lebih rendah. Prosesnya bernama pasteurisasi dengan suhu sekitar 72 derajat celcius dalam waktu 15-30 detik. Tujuan keduanya sama yaitu membunuh bakteri yang terkandung di dalam susu.

2. Kandungan Lemak

Selain proses pemanasan, keduanya juga berbeda dari segi kandungan lemak. Jika Anda mencari susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah, maka susu UHT adalah pilihannya. Susu UHT bisa membantu mengurangi asupan lemak saat diet. 

Sementara full cream memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi sehingga kurang cocok diminum selama diet. Meskipun kandungan lemaknya berbeda, namun nutrisi lainnya tetap sama. Keduanya sama-sama menawarkan nutrisi lengkap dan beragam.

3. Cita Rasa

Proses dan kandungan lemak yang membuat cita rasa susu menjadi berbeda. Susu UHT dengan tekstur yang lebih ringan juga menawarkan rasa yang lebih ringan. Sedangkan full cream milk menawarkan cita rasa yang lebih creamy atau kental dibandingkan dengan susu UHT. 

4. Cara Konsumsi

Cara konsumsi full cream milk lebih beragam misalnya ditambahkan pada sereal, puding, dan lain sebagainya. Sedangkan susu UHT lebih sering diminum begitu saja. Terkadang juga bisa digunakan sebagai campuran kopi. 

Itulah 4 perbedaan antara susu full cream dan juga UHT atau Ultra High Temperature. Pastikan untuk selalu memilih susu segar terbaik seperti Greenfields. Jujurly Pure, Jujurly Fresh. 100% susu segar berasal dari peternakan terbesar dan terletak di dataran tinggi Jawa Timur. Anda bisa mendapatkan berbagai varian susu Greenfields di toko terdekat.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *